Selasa, 08 Agustus 2017

Bisnis Usaha Cutting Stiker Kendaraan Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Cutting Stiker Kendaraan Pekanbaru Riau -  Saat ini bisnis cutting sticker mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bisnis ini diyakini sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama banyak perusahaan maupun industri yang membutuhkan jasa cutting sticker.

Sebagaimana bisnis-bisnis yang lain, bisnis cutting sticker juga membutuhkan modal, keahlian, dan kemampuan yang sepadan untuk memulai roda usahanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja investasi yang diperlukan sejak awal memulai usaha.

Tujuannya agar Anda dapat melakukan perhitungan modal sekaligus memperhitungkan untung rugi, bahkan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika Anda memang ingin memulai bisnis cutting sticker, berikut ini merupakan hal-hal yang harus dipersiapkan.

 

Mesin cutting sticker merupakan modal utama dalam memulai bisnis ini. Pemilihan mesin cutting sticker akan tergantung pada besar kecilnya modal yang Anda miliki. Untuk yang baru memulai usaha dengan modal kecil, sebaiknya pilih mesin cutting sticker yang dibanderol dengan harga cukup ekonomis, namun juga harus memiliki kualitas yang baik, agar perputaran usaha Anda tetap lancar.

Pemilihan mesin cutting sticker akan sangat berpengaruh pada kualitas hasilnya, jadi pastikan Anda memilih mesin yang tepat serta sesuai dengan kemampuan modal tentunya. Perlu diingat, jangan asal membeli mesin yang murah dan bisa cepat rusak. Hal ini bisa membuat pembengkakan di masa mendatang.

Memilih komputer dengan spesifikasi tinggi

Komputer juga diperlukan dalam bisnis ini, tepatnya untuk proses desain. Sebaiknya pilihlah komputer yang tangguh dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Saat memasuki proses desain, Anda harus menginstal program-program dengan spesifikasi tinggi seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Freehand. Ada juga program-program untuk cutting sticker seperti Art Cut dan Casmate yang juga harus diinstal.

Memilih lokasi usaha yang strategis

Dalam pemilihan lokasi usaha, sebaiknya carilah lokasi yang strategis dan ramai dilalui oleh kendaraan bermotor. Namun hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ialah pilih lokasi yang masih sepi pesaing untuk bisnis ini. Tentu saja pemilihan lokasi yang strategis akan mempercepat proses pengenalan tempat usaha Anda kepada banyak orang. Kemudian untuk ruang usaha sendiri, tidak perlu terlalu besar. Tetapi pastikan ada ruangan produksi untuk memotong sticker, menyimpan stock bahan, dan juga ruangan untuk customer service.

Menyiapkan bahan baku

Selain peralatan untuk mencetak, Anda juga harus menyiapkan stok bahan baku yang diperlukan. Bahan baku utama untuk bisnis ini meliputi sticker polos dan sticker berwarna. Beberapa contoh merek sticker yang cukup terkenal antara lain Aslan, Oracal, Kiwalite, 3M, dan lain-lain. Sebagai stok awal, Anda dapat memulainya dengan menyiapkan sticker dalam meteran terlebih dahulu.

Menyiapkan peralatan penunjang

Peralatan penunjang juga perlu untuk dipersiapkan. Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan penunjang seperti kamera digital, scanner, printer, mesin digital printing, gunting, selotip transparan, pinset, dan sebagainya. Alat-alat tersebut bisa digunakan sebagai penunjang dalam bekerja serta berkreasi.

Menyiapkan gerai display

Gerai display juga dibutuhkan dalam bisnis yang satu ini. Anda bisa menyiapkan gerai display di ruang tamu atau ruang tunggu tamu kantor. Terkadang dalam sebuah usaha, Anda dapat menarik konsumen dengan cara memajang sticker jadi yang sedang populer melalui gerai display. Jadi tidak hanya menunggu pesanan saja.

Menyiapkan keterampilan

Meskipun mungkin Anda telah menguasai bidang desain grafis, namun pasti akan selalu ada hal-hal baru yang dapat dipelajari. Persiapkan diri sendiri untuk belajar, baik untuk memperdalam ilmu desain grafis maupun mempelajari bagaimana cara mengoperasikan software-nya. Selanjutnya, pelajari pula cara-cara penjualan dan pemasaran yang efektif. Pastikan Anda adalah orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

Mengelola keuangan

Sebaik-baiknya bisnis yang dijalankan, jika tidak dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik, pasti bisnis tersebut tidak dapat bertahan lama. Pelajarilah bagaimana mengelola keuangan dalam sebuah usaha agar bisnis Anda bisa semakin berkembang dan maju. Sumber : lapakrazi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar