Rabu, 13 September 2017

Peluang Bisnis Usaha Limbah Kepala Udang Pekanbaru Riau

Peluang Bisnis Usaha Limbah Kepala Udang Pekanbaru Riau  - Limbah udang jika tak diolah lebih lanjut dapat berdampak negatif terhadap lingkungan, membahayakan kesehatan manusia. Limbah udang hasil industri pengolahan jika dimanfaatkan dapat memberikan keuntungan ekonomis bagi pengusaha.

Pengolahan udang buat komoditi ekspor terdiri atas tiga macam, yaitu udang yang dikemas utuh dari bagian badan dan kepala, udang badan tanpa kepala, dan daging udang saja. Pengolahan produksi udang berdasarkan ketiga macam produk tersebut menghasilkan limbah padat bagian-bagian udang yang terbuang seperti kepala, ekor dan kulit.

Pelaku usaha pengolahan dapat meraup keuntungan ekonomis dari pemanfaatan limbah udang. Berbagai senyawa organik dan anorganik dari limbah udang dibutuhkan oleh banyak industri.

Nilai Ekonomis Kitosan dan Kitin

Kitosan (chitosan) merupakan senyawa turunan yang berasal dari polimer Kitin (Chitin). Kepala udang mengandung zat Kitosan. Limbah kepala udang hasil industri pengolahan dapat mencapai 35-50 % berat udang.

Kitosan mudah berinteraksi dengan zat-zat organik lainnya seperti protein. Karena itu, Kitosan banyak digunakan dalam berbagai bidang industri.
Kitosan berguna sebagai pengawet dalam industri makanan. Pengunaan Kitosan aman buat manusia. Pengawet berbahan Chitosan tidak merusak aroma maupun rasa makanan yang diawetkan.
Kitosan sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Zat Chitosan dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat kanker, tekanan darah tinggi, liver, dan gangguan organ tubuh lainnya.
Chitosan digunakan oleh industri tekstil. Zat ini memiliki sifat tahan api dan menambah daya ikat terhadap zat pewarna kain sehingga kain yang berwarna tak mudah luntur.
Senyawa Kitosan dan Kitin dapat diolah sebagai bahan penyerap logam-logam berat yang dihasilkan oleh limbah industri. Chitin dan Chitosan bersifat sebagai bahan pengemulsi koagulasi, dan dapat berfungsi sebagai absorben terhadap logam berat dalam air limbah.
Tepung Limbah Udang untuk Pakan Ternak

Kitosan (chitosan) merupakan senyawa turunan yang berasal dari polimer Kitin (Chitin). Kepala udang mengandung zat Kitosan. Limbah kepala udang hasil industri pengolahan dapat mencapai 35-50 % berat udang.

Limbah udang hasil olahan berupa kepala, ekor dan kulit, dapat diproses jadi sumber bahan baku yang menjadi substitusi tepung ikan. Tepung udang dikenal dengan nama tepung rese.

Tepung limbah udang mengandung semua asam amino essensial, sumber asam amino aromatik seperti fenilalanin dan tirosin yang kandungannya lebih tinggi daripada tepung ikan.

Selain mengandung protein tinggi, tepung rese berguna sebagai sumber kolesterol pakan ikan budidaya. Tepung rese dapat pula sebagai pakan hewan ternak lainnya semisal ayam broiler. Sumber : isw.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar