Kamis, 23 November 2017

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurami Pekanbaru

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurami  Pekanbaru Saat ini pun banyak yang memanfaatkannya dengan membuka bisnis budidaya ikan gurami. Bisnis ini menjadi salah satu budidaya yang menjanjikan karena ikan gurami memiliki nilai jual yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis ikan gurami lainnya. Apakah Anda salah satu orang yang menyukai bisnis pembudidayaan ikan gurami ini. Jika iya maka Anda bisa mencoba untuk menjalankan bisnis pembudidayaan ikan gurami dengan cara menyesuaikan modal yang dimiliki. Anda akan bisa membudidayakan ikan gurami baik dengan modal kecil ataupun besar. Peluang usaha budidaya ikan gurami ini masih te terbuka bagi siapa pun yang tertarik untuk menjalankan bisnis.

Permintaan dari ikan gurami ini cukup tinggi membuat usaha budidaya ikan gurami semakin menguntungkan untuk dijalankan. Keuntungan dari bisnis ikan gurami yang didapatkan pun terhitung menjanjikan, saa ini jumlah stok ikan gurame belum tercukupi sepenuhnya sehingga peluang bisnis pembudidayaan ikan gurami ini masih terbuka lebar untuk dijalankan bagi siapa pun. Dalam menjalankan bisnis ikan gurami ini banyak memiliki keuntungan yang dapat Anda dapatkan, yaitu sebagai berikut :

  • Ikan gurami ini memiliki harga jual yang cukup tinggi.

  • Ikan gurami ini sangat tahan lama karena tidak mudah mati dibandingkan ikan jenis lain.

  • Pakan ikan gurami ini sangat hemat dibanding ikan lain.

  • Ikan gurami jumlahnya belum dapat memenuhi kebutuhan di pasaran.

  • Ikan gurami banyak memiliki permintaan dibanding ikan jenis lain.


Itu dia merupakan keuntungan dalam budidaya ikan gurami, keuntungan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjalankan bisnis menjadi lebih baik lagi. Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan gurami ini memang memiliki keutungan yang besar, namun ada juga resiko kelemahan pada saat menjalankan budidaya ikan gurami ini, kelemahan yang ada yaitu :

  • Ikan gurami ini memang jenis ikan yang memiliki angka kematian rendah walaupun demikian ikan gurami ini sangat rentan terhadap penyakit kulit atau penyakit koreng.

  • Ikan gurami ini menjadi salah satu jenis ikan yang proses panennya membutuhkan waktu lama.


Jika Anda mempunyai modal bisnis untuk menjalankan bisnis budidaya ikan gurami ini namun jumlahnya sangat kecil maka jangan khawatir untuk mencoba bisnis ini sebab dalam menjalankan ini Anda tidak membutuhkan modal yang besar dengan lahan luas dalam membuat kolam ikan. Jika Anda ingin mencoba maka bisa membudidayakan ikan gurami ini dengan membuat kolam ikan terpal. Sehingga lahan yang dibutuhkan tidak terlalu lebar modal sedikit pun cukup untuk memulai bisnis ini. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan karena memang ikan gurami banyak disukai oleh masyarakat luas ikan gurami pun bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan yang lezat dan nikmat. Mulai dari dibakar, digoreng, digulai dan sebagainya. Sehingga pemasaran untuk ikan gurami ini sangat mudah karena sudah jelas bahwa ikan gurami banyak digemari masyarakat. Jadi dalam mencari pelanggan akan sangat mudah untuk dijalankan jika Anda masih pemula maka tetangga yang ada disekitar dapat dijadikan sebagai pelanggan, Anda pun juga bisa mencoba menawarkannya ke penjual ikan, di restaurant atau warung makan yang menyediakan menu ikan gurami. Ikan gurami ini memiliki harga yang cukup mahal yaitu berkisar Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 45.000 untuk satu kg. Maka berbisnis ikan gurami ini bisa sangat menguntungkan untuk dicoba dan peluang bisnis budidaya ikan gurami ini masih sangat lebar.

Berikut ini merupakan beberapa cara memelihara ikan gurami yang mudah dan praktis, dengan kategori atau jenis ikan gurami yang layak untuk dijadikan ikan konsumsi :

  • Ikan gurami kapas merupakan jenis ikan gurami yang mampu memiliki berat tubuh sekitar 1 kg dan mampu menghasilkan telur hingga sebanyak 3000 butir dalam sekali pemijahan.

  • Ikan gurami jepang jenis ikan gurami yang bisa memiliki berat tubuh berkisar antara 3.5 kg.

  • Ikan gurami paris jenis ikan gurami yang dapat memiliki berat maksimal yaitu 1,5 kg dan mampu menghasilkan telur hingga jumlah 5000 sampai 6000 butir.

  • Ikan gurami batu ini jenis ikan gurami yang dapat mencapai berat sekitar 0,5 kg yang dapat dipanen dengan waktu yang lama yaitu satu tahun.

  • Ikan gurami gurami angsa ini dapat mencapai berat tubuh 6 hingga 12 untuk setiap ekor saja. Ikan ini memiliki warna abu – abu serta sisik yang relative lebar.

  • Ikan gurami blusafir jenis ikan gurami yang mampu mencapai berat maksimum 2 kg setiap ekornya dan dalam sekali pemijahan bisa menghasilkan 5000 sampai 7000 butir telur.

  • Ikan gurami porselen ini salah satu jenis ikan gurami yang mampu menghasilkan telur hingga sebanyak 10.000 butir dalam sekali pemijahan yang memiliki berat tubuh mencapai 1 sampai 2 kg per ekor.


Ikan gurami ini dapat mengkonsumsi segala jenis pakan atau biasa disebut dengan omnivore. Biasanya ikan ini memakan hewan plankton atau renik yang ada dalam air selain itu sayuran dengan tekstur lunak misalnya kangkung, rampelan, daun talas dan aneka jenis daun lunak lainnya ini disukai oleh ikan gurami. Agar dapat memacu pertumbuhan dari ikan gurami ini maka Anda pun harus merogok sedikit kocek untuk membeli pakan berupa pellet agar ikan bisa tumbuh serta berkembang dengan sangat cepat. Hal ini pun nantinya bisa membantu Anda dalam memanen ikan gurami lebih awal dari perkiraan.

( pengusahasukses.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar