Selasa, 29 Agustus 2017

Bisnis Usaha Jual Kaktus Mini Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Jual Kaktus Mini Pekanbaru Riau - Seiring dengan berkembangnya gaya hidup ramah lingkungan, masyarakat mulai melirik cinderamata berupa tanaman hias. Salah satu yang banyak diminati adalah jenis kaktus mini.

Selain berukuran mungil dan berpenampilan menarik, kaktus mini mudah dirawat. Tanaman ini juga sangat cocok dipajang di ruangan. Meningkatnya permintaan produk souvenir tanaman kaktus ini dimanfaatkan oleh beberapa orang pelaku usaha.

Tidak hanya membudidayakan kaktus mini, mereka juga menghias tanaman tersebut dengan pot dan kemasan menarik. Selain untuk souvenir pernikahan, kaktus mini juga banyak diminati untuk acara ulang tahun dan acara perusahaan. Saat ini harga kaktus mini untuk souvenir berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 50.000 bergantung jenis kaktus dan kemasannya.

Salah satu keuntungan bisnis kaktus mini adalah cara budidaya dan perawatan yang relatif mudah. Yang terpenting, pilih jenis kaktus yang paling diminati konsumen. Yang terbaik, pilih kaktus yang memiliki diameter 8 cm, 10 cm, dan 12 cm dengan tinggi mulai dari 12 cm-15 cm. Bibit kaktus dapat ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Bibit bisa dibeli di toko tanaman bunga. Sedangkan untuk menanamnya bisa ditanam di dalam pot atau di tanah langsung.

Kesalahan yang sering dilakukan para penggemar tanaman kaktus adalah memberikan air yang berlebih dengan melakukan penyiraman yang rutin. Ini merupakan kesalahan yang fatal, karena tanaman kaktusmerupakan tanaman yang hidup di habitat kering. Selain itu, tanaman kaktus sangat menyukai sinar matahari seperti di habitat aslinya, yaitu gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air kaktus akan cepat membusuk dan mati.

Kaktus juga harus diberi pupuk agar berkembang dengan baik. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (Petroganik). Mengganti media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan apabila kaktus tidak menunjukkan pertumbuhannya sama sekali. Apabila kaktus mini sudah siap jual maka perlu disiapkan pot yang cantik serta kemasan yang menawan. Agar lebih indah bisa ditambahkan pita atau batu kerikil warna-warni di atas pot. Pemasaran bisa dilakukan melalui pameran atau dijual melalui online. Sumber : tabloidsahabatpetani.com

3 komentar:

  1. Selamat siang. Saya afrizal 36 thn. Saya menyukai tanaman kaktus mini dan mulai berpikir untuk mencoba memulai usaha bisnis kaktus. Namun saya tidak tahu tempat yg menjual atau komunitas pecinta kaktus di pekanbaru. kalo ada informasi mungkin bisa berbagi dengan saya di 0812 66197555.

    BalasHapus
  2. semoga bapak bisa segera memulai bisnis nya :D

    BalasHapus
  3. Salam kenal, brawal dari hobi mnyukai tanaman kaktus & anggrek sampai akhirnya menjual kaktus. Sy ingn skli jual souvenir kaktus yg dkemas. Tp sy tdk tw tmpt mnjual kemasan kaktus (box kmasan), mhon infonya, hub k no 081264435777
    Sblmnya trimakasih...

    BalasHapus