Minggu, 24 September 2017

Bisnis Coffee Shop Menguntungkan Pekanbaru Riau

Bisnis Coffee Shop Menguntungkan Pekanbaru Riau - COFFEE shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan jika kamu tahu bagaimana cara mengembangkannya. Pertumbuhan kafe di Indonesia sendiri sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Pekanbaru atau Surabaya, kota-kota kecil sekalipun sudah memiliki banyak sekali gerai kopi yang menjamur meski memiliki standar dan pasar yang berbeda-beda.

Bagi kamu yang ingin membuka coffee shop tentu hal ini tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Jadi kafe yang sukses bukan berdasarkan modal belaka. Sebelum kamu membuka gerai kopi, ada baiknya membaca artikel ini yang tentunya akan membantu kamu mempertimbangkan hal sebelum terjun ke dunia yang sebenarnya menjanjikan.

Membuat Rencana Bisnis yang Kuat

Sebelum memulai membangun kafe, kamu tentunya harus membuat sebuah business plan yang matang. Yang termasuk di dalam business plan ini adalah gerai kopi seperti apa yang ingin kamu dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, kostumer seperti apa yang menjadi sasaran kamu, memelajari para kompetitior kamu, merencanakan perkembangannya di masa depan serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sebuah business plan sangat dibutuhkan saat kamu memulai bisnis ini. Karena tanpa rencana sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Konsep

Di era sekarang tidak ada kafe yang berdiri tanpa sebuah konsep. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop kamu. Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Karena sebuah coffee shop tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan. Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas.

Interior

Jika konsep sudah benar-benar matang, maka kamu harus memikirkan interior yang sesuai konsep kafe kamu. Interior haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan pemilihan meja dan kursi, pencahayaan dan juga warna ruangan. Karena semua elemen tersebut membantu membuat gerai kopi kamu menjadi nyaman.

Diperlukan Seorang Akuntan

Jasa akuntan sangat diperlukan di sebuah coffee shop. Keahlian akuntan yang hadir di kafe kamu akan membantu banyak hal. Pembukuan dan laporan akan memudahkan kamu mengontrol segala hal yang melibatkan finansial. Dengan hadirnya akuntan, kamu tak perlu repot lagi memikirkan urusan finansial yang tentunya tak bisa dianggap enteng karena merupakan hal inti yang memengaruhi berhasilnya gerai kopi yang kelak akan kamu dirikan. Jika kamu menekan budget untuk menyewa jasa seorang akuntan, kamu bisa belajar menjadi akuntan. Jadilah akuntan untuk kafe kamu sendiri tapi sebelumnya harus benar-benar belajar dari mereka yang sudah ahli.

Pendanaan

Mendirikan sebuah coffee shop tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika kamu telah memiliki modal yang cukup, mungkin masalah dana awal bukanlah hal yang besar. Tapi jika kamu ingin mendirikan gerai dengan investor atau teman-teman, masalah pendanaan harus dibicarakan matang-matang. Buatlah perjanjian sebelum bisnis berjalan. Segala sesuatu yang menyangkut bisnis harus berasaskan terus terang agar tak menimbulkan hal-hal kurang menyenangkan di kemudian hari.

Sebelum menghabiskan tabungan kamu, kamu harus tahu bahwa untuk enam bulan ke depan kafe kamu mungkin belum menghasilkan keuntungan. Segala usaha yang baru dirintis biasanya merugi dulu pada awalnya. Untuk itu sangat disarankan kamu memiliki tabungan yang cukup menghidupi kamu sampai enam bulan ke depan. Karena kamu pasti tidak mau hidupmu terganggu secara finansial gara-gara bisnis ini belum menghasilkan.

Pemasaran

Berada di lokasi yang strategis tidaklah cukup untuk membuat coffee shop kamu dikenal orang. Kamu memerlukan strategi lebih agar bisnis ini diketahui dan meluas ke berbagai kalangan. Dan di sinilah kekuatan marketing dibutuhkan. Pada pembukaan hari pertama mungkin kamu bisa memberi sampel kopi gratis kepada pelanggan.

Selain itu mungkin kamu bisa membuat promo sampai batas waktu yang ditentukan agar menjaring pelanggan. Optimasi sosial media yang sekarang menjadi salah satu layanan iklan gratis yang cukup efektif. Jangan pernah abaikan kekuatan sosial media karena sekarang sosial media sangat banyak membantu bisnis seperti ini. Selain itu mungkin kamu bisa mengundang beberapa media untuk datang dan meliput kafe kamu. Juga bisa mengadakan workshop menarik yang membuat pelanggan datang dan tentu sambil terus berinovasi.

Intinya pemasaran jangan hanya dilakukan pada awal pembukaannya saja. Pemasaran harus dilakukan terus menerus untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Eksterior

Interior menarik dan nyaman memamg merupakan faktor penting. Tapi jangan pernah lupakan pentingnya eksterior sebuah gerai kopi. Kenapa? Karena eksterior menarik adalah faktor pertama yang dilihat orang. Eksterior unik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang dia punya. Jadi sangat disarankan untuk membuat eksterior yang bisa memancing keingintahuan orang terhadap kafe kamu.

Kualitas Rasa

Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika makanan dan minuman yang dihasilkan kamu jauh dari kualitas yang diharapkan. Jadi pastikan makanan dan minuman yang ada di kafe kamu terjaga kenikmatannya dan membuat pelanggan tak mudah lupa dan tentunya mau jadi pelanggan setia. Sumber : majalah.ottencoffee.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar