Selasa, 26 September 2017

bisnis umrah pekanbaru

bisnis umrah pekanbaru,  Umroh atau ada yang menyebutnya dengan umrah, merupakan salah satu ibadah umat islam. Umroh ini hampir mirip dengan haji, hingga ada yang menyebut umroh sebagai haji kecil. Usaha travel haji dan umroh di Indonesia kian berkembang seiring meningkatnya keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji dan umroh.

Salah satu pelaku usaha travel haji dan umroh yang terbilang sukses adalah Noviana, pemilik usaha umrah dan haji travel. Awalnya Noviana memulai bisnis ticketing di tahun 2004. Lama berkecimpung di bisnis tiket membuat Anna, sapaan akrab Noviana, mengembangkan usahanya menjadi tour and travel di tahun 2008.

travel haji dan umroh
Haji dan umroh ke tanah suci Mekah / gambar via productivemuslim.com
Pangsa pasar dari usaha tour and travel Anna adalah umat muslim, sehingga ia lebih fokus pada wisata religi islami. Kemudian berkembang lagi dengan membuka layanan perjalanan ibadah umroh. Dan di tahun 2012, Anna membuka paket travel haji plus.

Teknik marketing yang dijalankan Anna cukup simpel, yaitu dengan memberikan info serta membangun kepercayaan pada orang-orang terdekat terlebih dulu, mulai dari keluarga, sahabat dan teman. Kemudian sedikit demi sedikit mulai meluas ke lingkaran yang lebih besar.

Gotur juga memiliki website yang sangat berguna bagi promosi secara online. Selain itu, ia juga melakukan berbagai inovasi pelayanan yang mampu membuat konsumen agar tetap loyal. Gotur memiliki kantor perwakilan yang saat ini berada di Ternate dan Yogyakarta.

Dari strategi pemasaran yang diterapkan inilah Gotur dapat memberangkatkan sekitar 100 jamaah umroh tiap bulannya dan 30 orang untuk perjalanan wisata islami pada tiap semester. Berdasarkan biaya dan jumlah jamaah di atas, Gotur mendapatkan omset rata-rata sekitar Rp. 500 juta perbulannya dengan keuntungan atau profit sekitar 15%.

Anna memiliki 15 orang karyawan untuk menjalankan usaha ini. Sepuluh orang karyawan ada di Indonesia. Mereka bertugas mengurus manajemen dan pemasaran. Lima orang karyawan lain berada di Arab Saudi yang mengurusi akomodasi dan operasional para jamaah umroh.

Demikianlah info tour umroh, haji plus serta wisata religi islam yang dapat saya sajikan. Semoga artikel travel haji dan umroh ini bermanfaat serta menginspirasi anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar