Senin, 27 November 2017

Peluang Bisnis Rujak Serut Pekanbaru

Peluang Bisnis Rujak Serut  Pekanbaru - hingga saat ini masih menguntungkan dan semakin banyak saja pelaku usaha yang mencoba Memulai bisnis rujak serut ini membutuhkan banyak persiapan. Agar bisnis berjalan dengan maksimal tentu membutuhkan persiapan yang matang untuk kelancaran suatu usaha. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisnis rujak serut ini, misalnya saja target pasar untuk menu rujak serut, lokasi usaha yang digunakan, bahan baku dan peralatan yang perlu dipersiapkan, dan cara mempromosikan usaha rujak serut supaya dikenal masyarakat. Maka sebelum mencoba usaha rujak serut akan lebih baik memahami dahulu beberapa hal tersebut, silahkan simak info lengkapnya dibawah ini :

Bahan Baku Rujak Serut

Saat membuka usaha rujak serut perlu mempersiapkan bahan baku usaha. Pilih bahan baku berkualitas supaya bisa menghasilkan rujak serut yang nikmat. Kualitas bahan akan mempengaruhi cita rasa rujak serut yang dibuat. Pilih buah yang masih segar dan baru dipetik karena buah yang masih fresh akan menghasilkan rasa rujak serut yang nikmat. Sebelum diolah menjadi rujak akan lebih baik jika buah – buahan dikupas dan dicuci sampai bersih. Bahan baku yang digunakan untuk membuat rujak serut ini misalnya mangga mengkal, ketimun, bengkuang, pepaya mengkal, kedondong, jeruk bali dan beberapa jenis buah – buahan segar biasa dibuat rujak. Buah – buahan segar ini dapat diperoleh di pasar buah atau supermarket.

Perlengkapan Bisnis Rujak Serut

Menjalankan usaha rujak serut ini memerlukan peralatan untuk mempermudah proses pembuatan rujak. Peralatan untuk membuat rujak yang bisa digunakan ini misalnya penghalus bumbu, pisau, baskom, solet, dan peralatan memasak rujak lainnya. Selain peralatan untuk memproduksi rujak serut perlu juga menyediakan peralatan pendukung seperti tempat duduk dan meja serta etalase.

Konsumen Rujak Serut

Rujak memiliki rasa segar dengan berbagai macam rasa ini membuat banyak kalangan menyukainya. Apalagi untuk rujak serut, mulai dari anak muda, dewasa sampai orang tua bisa mengkonsumsinya. Cita rasa rujak serut yang nikmat mampu membuat badan lebih segar dan fresh. Konsumen untuk usaha rujak serut ini dari berbagai kalangan baik atas atau bawah sebab harga rujak serut cukup terjangkau. Bahkan target pasar usaha rujak serut akan selalu bertambah setiap waktu.

Tempat Bisnis Rujak Serut

Tempat usaha yang cocok untuk bisnis rujak serut ini sudah pasti yang ramai dan mudah dijangkau masyarakat. Contoh lokasi usaha rujak serut ini yaitu kawasan pasar, dekat kantor, kampus, sekolahan, pusat perbelanjaan, pusat kota dan lainnya. Lakukan survey untuk mengetahui letak lokasi yang strategis.

Harga Rujak Serut

Menu rujak serut dijual dengan harga murah meriah sehingga berbagai kalangan bisa menikmatinya. Rata – rata harga jual untuk rujak serut dipasaran ialah sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 per porsi tergantung lokasi usaha, bahan baku yang digunakan, dan porsi yang diberikan. Sehingga harga rujak serut juga disesuaikan dengan beberapa hal tersebut. Supaya bisa mendapatkan keuntungan dan tidak rugi hitung secara detail harga jual yang akan diberikan.

Kelebihan Bisnis Rujak Serut

Rujak serut ini memiliki banyak kelebihan yang akan membuat pelaku usaha menjadi untuk seperti menu rujak serut selalu disukai banyak kalangan dimanapun berada. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha rujak serut tidaklah besar, selain itu cara membuat menu rujak serut sangat mudah dan simple.

Kekurangan Bisnis Rujak Serut

Namun bisnis yang satu ini memiliki kekurangan salah satunya ialah pesaing dari usaha rujak serut. Dengan banyak konsumen yang suka dengan rujak serut membuat pelaku usaha rujak serut semakin besar sehingga persaingan untuk bisnis ini semakin ketat. Agar bisa bertahan melawan persaingan maka sebaiknya lebih meningkatkan kualitas rasa, pelayanan dan pemasaran yang baik. Selain itu bahan baku rujak serut ini tergantung dengan musimnya, membuat rujak serut tidak lengkap. Oleh karena itu buat rujak serut dengan buah – buahan yang bervariasi untuk menutupi beberapa buah yang sedang tidak musim.

Pemasaran Bisnis Rujak Serut

Membuat produk rujak serut disukai banyak kalangan ini membutuhkan proses promosi yang maksimal. Pemasaran yang baik akan membuat bisnis rujak serut diketahui banyak orang. Salah satu cara untuk mempromosikan usaha rujak serut ialah dengan membuat spanduk dengan tulisan nama usaha dan produk yang dijual. Buat dengan menarik dan tambahi beberapa promo supaya konsumen tertarik. Tingkatkan kualitas rasa dan kenyamanan tempat supaya jika ada konsumen yang pernah membeli ditempat bisa menyebar luaskan ke teman, kerabat atau sebagainya.

Cara Mengolah Rujak Serut

Mengolah rujak serut sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Namun bila belum memahami proses membuat rujak serut maka silahkan simak resep rujak serut dibawah ini supaya bisa bersaing dengan pengusaha lainnya.

Bahan Rujak Serut Buah:

  • 1 buah mangga mengkal, serut

  • 100 gr bengkuang, serut

  • 2 buah ketimun, kupas, buang biji, serut

  • 100 gr pepaya mengkal, serut

  • 200 gr jeruk bali, kupas, suwir-suwir

  • 2 buah kedondong, serut


Bahan Sambal :

  • 3 buah cabai rawit merah

  • ¼ sdt garam

  • ½ sdt terasi goreng

  • 200 gr gula merah

  • 50 gr nanas, serut

  • 50 gr kacang tanah kulit goreng

  • 1 sdm air asam jawa, dari 1 sdt asam jawa serta 50 ml air


Cara Membuat Rujak Serut :

  1. Membuat sambal : haluskan cabai rawit, garam, terasi, serta gula merah lalu tambahi dengan kacang tanah dan haluskan.

  2. Tambahi dengan nanas serta air asam jawa dan haluskan secara merata.

  3. Membuat rujak serut : campur buah mangga, jeruk bali, bengkuang, ketimun, kedondong serta pepaya mengkal lalu aduk sampai merata. Kemudian tambahi dengan bahan sambal aduk merata. Diamkan selama satu jam supaya bumbu meresap dan sajikan.


( pengusahasukses.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar