Kamis, 10 Agustus 2017

Bisnis Usaha Jasa Kurir Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Jasa Kurir Pekanbaru Riau - Usaha jasa kurir yang efisien dewasa ini telah menjadi aspek penting kehidupan masyarakat modern. Bahkan untuk kebutuhan pribadi pun, sebuah usaha kurir yang terpercaya sangat dibutuhkan masyarakat berbagai kalangan sehingga sebuah usaha kurir yang berkualitas akan menjadi bidang usaha yang menjanjikan.

Saat Anda merencanakan sebuah usaha kurir, ada beberapa kunci sukses penting yang harus diperhatikan untuk menjamin usaha Anda menuju keberhasilan. Mulai dari kurir dan transportasi sampai khusus hanya melayani kurir saja, Anda perlu memperhatikan dengan baik detil-detil kunci sukses yang akan dijabarkan berikut ini agar usaha kurir yang telah dirintis bisa memuaskan pelanggan dalam waktu yang tidak lama.

Survei Awal

Sebelum Anda memulai sebuah usaha kurir melalui investasi modal, lakukanlah investasi waktu dan pengetahuan sebaik mungkin terkait jasa kurir yang Anda inginkan. Penting bagi Anda untuk memulai survei awal lebih dulu di wilayah yang Anda targetkan menjadi sumber pelanggan.

Dalam penentuan wilayah ini terdapat 2 hal utama yang wajib diperhatikan yaitu syarat mendasar atas target pelanggan dan tingkat kemampuan mayoritas target pelanggan. Perhatikanlah syarat-syarat mendasar yang harus dimiliki pelanggan yang cocok atas usaha jasa kurir yang Anda tawarkan.

Syarat dan Ketentuan

Kunci sukses usaha kurir selanjutnya adalah ketentuan harga kurir yang diberikan termasuk biaya jasa lainnya yang terkait. Cara paling mudah dalam menetapkan hal ini adalah dengan mengontak beberapa penyedia jasa kurir lainnya dan pelajari cara penetapan harga kurir yang digunakan. Anda juga harus menentukan jenis barang yang direncanakan masuk dalam layanan usaha kurir Anda. Sebuah usaha jasa kurir dapat menggunakan transportasi beragam jenis dari berbagai tempat.

Bersamaan dengan hal ini, semua hal tentang logistic harus diperhatikan, kemudian penentuan area usaha dan strategi pemasaran secara berkesinambungan. Banyak ahli jasa kurir menyarankan bahwa cara terbaik menentukan wilayah usaha adalah dengan melihat peta wilayah, tentukan satu lokasi dan buat diameter lingkaran dari pusat lokasi yang ditentukan. Cara ini akan dengan mudah memberikan gambaran wilayah usaha jasa kurir Anda nantinya.

Perlengkapan dan Karyawan
Perlengkapan paling penting yang akan Anda butuhkan dalam memulai usaha jasa kurir adalah transportasi yang handal. Ini berarti kondisi alat transportasi harus terjaga dan bila perlu diasuransikan.

Selain transportasi, supir yang terpercaya juga sangat menentukan. Pengalaman dan kelengkapan surat-surat perijinan penting untuk dimiliki seorang supir yang akan mengantarkan barang-barang para pelanggan jasa kurir Anda. Selain supir, keberadaan karyawan sangat penting untuk mengatur kelancaran organisasi usaha jasa kurir Anda.

Bangun Strategi Pemasaran

Jika semua detil sudah berada pada tempatnya, saatnya bagi Anda mulai mengembangkan brand usaha dan menciptakan pasar untuk usaha jasa kurir Anda. Para ahli pemasaran masih mengakui kekuatan “rekomendasi teman” sebagai bentuk pemasaran terbaik karena konsumen yang puas merupakan media pemasaran berkualitas tinggi.

Penyebaran brosur usaha ke wilayah di sekitar kantor jasa kurir Anda juga akan memberikan efek positif dalam menumbuhkan brand usaha jasa kurir Anda dalam jangka panjang. Tidak ada salahnya juga Anda mempertimbangkan pemanfaatan website untuk menjangkau lebih luas konsumen.

Perkuat Komunikasi

Usaha jasa kurir merupakan jenis usaha yang membutuhkan komunikasi efektif cukup intens antara pemilik usaha, konsumen, supir sampai karyawan. Olehkarenanya, dukungan media komunikasi yang memadai penting sekali. Misalnya, terlepas dari keberadaan handphone, idealnya Anda juga memiliki lebih dari satu jenis media komunikasi termasuk radio untuk memperkuat komunikasi termasuk dalam keadaan darurat.

Ingin Memulai Usaha Jasa Kurir?

Memang pada dasarnya sebuah usaha jasa kurir memiliki tantangan dan membutuhkan persiapan yang tidak sedikit sebagaimana sebuah usaha pada umumnya namun usaha ini bisa sangat menguntungkan dan potensi perkembangannya sangatlah besar. Jika Anda ingin memulai usaha jasa kurir maka ingatlah 5 kunci sukses usaha jasa kurir ini. Sumber : webbisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar